Kamis, 06 Juni 2013

Produk Unggulan Bulukerto



Terdapat beberapa produk unggulan yang ada di Desa Bulukerto, di antaranya Perkebunan Apel, Jeruk, Jambu, Peternakan Kelinci dan Tanaman Hias. 

Panen apel akan dilakukan selama dua kali dalam setahun, sementara itu untuk jeruk akan ada tiga tahun lagi. 




   
APEL :
Salah satu perkebunan apel yang dibuka untuk umum adalah perkebunan milik Jumadi, ketua RW 03, Desa Bulukerto. Kebun seluas 10 ha ini dapat dikunjungi oleh pengunjung setiap hari sebelum malam. Untuk menikmati pemandangan hijau dan memetik buah apel langsung dari pohonnya, pengunjung harus membayar sebesar Rp 20.000, di sana pengunjung juga  bisa langsung memakan buah apel yang dipetik, serta dapat membawa pulang buah apel tersebut dengan dikenai biaya tambahan. Beberapa jenis apel yang ada di perkebunan milik Ayah dua anak ini, di antaranya apel ijo GS, apel manalagi, apel merah, dan apel  ana yang memiliki khasiat tertentu.

Untuk peternakan kelinci yang ada di Desa Bulukerto ini hanya ada beberapa orang saja, karena untuk menjalankan  usaha tersebut butuh modal yang besar.






 KELINCI :
            Pengusaha kelinci di Desa Bulukerto yang paling sukses adalah Wagiman, warga yang berasal RT 01. Saat ini Wagiman sudah mampu berternak setidaknya 500 ekor kelinci. Kelinci-kelinci tersebut terdiri dari 15 jenis  yang berbeda seperti klamis giant, New Zeeland, Australia, anggora, dutch, hotot, duof dan sati. Kelinci-kelinci Wagiman pun tak hanya disuplai untuk kota Batu saja melainkan juga ke seluruh Jawa Timur dan bahkan luar pulau seperti Kalimantan dan Sumatera.


  
TANAMAN HIAS :
Ada bermacam-macam tanaman hias yang ada di Bulukerto, di antaranya bunga mawar, bunga pucuk merah, bunga bulu ayam dan masih banyak lagi. Harga tanaman hias bervariasi, berkisar mulai dari Rp 400 sampai Rp 100.000. Ada juga tanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA), seperti kumis kucing, daun dewa, daun sirih dan lidah buaya. Green House yang bisa dikunjungi untuk melihat tanaman hias asli Bulukerto adalah milik Siani, warga RT 01 RW 02. Selain menjadi pemasok untuk Kota Batu, Siani juga memasok tanaman hiasnya ke Kota Malang dan Sidoarjo. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar