Kamis, 06 Juni 2013

Profil Wilayah Desa Bulukerto


Bulukerto  merupakan salah satu desa yang terletak di kota Batu, jawa timur. Desa ini berada di sebelah utara alun-alun kota Batu yang berada dalam koordinat (7°50'19"S   112°32'21"E). Desa ini memiliki wilayah yang dibagi menjadi  4  RW, di mana setiap RW memiliki berbagai  jenis usaha yang digeluti oleh warganya.


Salah satu contohnya pada RW 1, terdapat usaha ternak kelinci yang menjadi mata pencaharian warga RW 1. Ada juga usaha yang paling sering diminati oleh warga desa bulukerto yaitu sebagai petani apel, karena sebagian besar wilayah digunakan sebagai lahan perkebunan apel.

Dengan luas lahan yang cocok digunakan sebagai perkebunan, warga desa Bulukerto tak hanya menjadikan lahan sebagai perkebunan semata, namun juga dijadikan sebagai objek wisata petik apel yang sudah marak terdengar sebagai wisata petik apel Batu.


Wilayah yang paling banyak dijadikan sebagai lahan perkebunan terletak pada RW 3 dan 4, karena letaknya yang sedikit lebih tinggi dari RW 1 dan 2 yang mayoritasnya sebagai rumah warga. Jadi hampir seluruh wilayah desa Bulukerto bisa di jadikan sebagai mata pencaharian warga tersebut.


Akan tetapi untuk saat ini, warga desa lebih memprioritaskan anaknya agar lebih maju. Hal itu membuat semakin berkurangnya minat warga untuk menjadi petani apel dan peternak kelinci. Selain itu, kurangnya perhatian dari pemerintah kota Batu juga menjadi salah satu faktor. `untuk akses menuju kawasan petik apel yang kurang memadai untuk kendaraan yang masuk. Dan dana sebagai modal atau membeli pupuk  untuk meneruskan usaha apel yang sudah ada. Jadi untuk sekarang hampir 70% warga menggeluti bisnis petik apel, itu pun hanya orang lama yang masih menjalankan bisnis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar