Kamis, 06 Juni 2013

Peluang Menjanjikan Bisnis Kelinci



Nama    : Wagiman
Istri        : Luluk Sri Martini
Anak      : Lely Sri Krida Rukmini &  Aan Dwi Prasetyo Pambudi




Sabar dan telaten adalah kata yang pas menggambarkan sosok pria satu ini. Memulai usaha sebagai penjual kelinci dari tempat hiburan satu ke tempat lainnya, ia kini menjadi salah satu pengusaha sukses. Itulah sekilas Wagiman, seorang peternak kelinci asal Desa Bulukerto.

                “Awalnya berprofesi menjadi penjual kelinci keliling. Namun, pada tahun 1992 akhirnya memutuskan berternak kelinci bersama teman-teman kampung,” kata Wagiman. Pada saat itu hanya 10 ekor kelinci yang ia ternak, tapi jumlah itu terus berkembang menjadi 250 ekor dalam 1 tahun. Saat ini Wagiman mempunyai 500 ekor kelinci di peternakannya.



                Karena merasa mendapat dukungan dan antusiasme dari teman-temannya, ia terus menalanjutkan usahanya. “Hanya 2 jenis kelinci yang coba diternak pada saat itu, yaitu Australian dan Rex. Namun sekarang sudah bisa dibilang lengkap,” tambah bapak satu anak ini.

                Jenis-jenis kelinci yang diternak wagiman antara lain: klamis giant, New Zeeland, Australia, angora, dutch, hotot, duof dan sati. Wagiman awalnya hanya menjual kelinci-kelincinya di sekitar kawasan Kota Batu, tapi saat ini ia sudah bisa mengirim kelinci-kelincinya ke luar pulau, seperti Sumatra dan Kalimantan. Ia mengaku dapat meraup keuntungan puluhan juta selama sebulan. 

Namun, tingginya permintaan membuat Wagiman kualahan, ia berharap pemerintah mau mendukung usahanya ini agar lebih maju lagi. “Harapannya bisa seperti di Cina yang sudah menjadi industri. Untuk itu perlu dukungan pemerintah dari segi finansial,” ujar pria yang akrab disapa pak Wa ini. Dari usahanya ini ia berhasil mendapatkan setidaknya 9 piala dari berbagai kontes yang telah diikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar